Tinta Infus Printer Tidak Mengalir


Tinta Infus Printer Tidak jalan atau tidak keluar untuk mencetak, masalah ini pasti sering timbul pada printer yang sudah dimodifikasi dengan menambah tong tinta di samping printer. Ada beberapa penyebab membuat tinta infus tidak berfungsi dengan baik, hal ini dapat dilihat dengan mata sendiri mengenai kondisi tinta yang ada di dalam selang infus. Apabila selang infusnya penuh berarti proses pengiriman tinta dari tong yang ada di luar printer ke cartridge masih berjalan normal, sedangkan apabila anda menemukan sebagian selang tidak terisi tinta, itu pertanda jalur selang infus bermasalah.


Berikut ini solusi untuk mengatasi tinta infus printer yang tidak jalan atau
selang infus kemasukan udarah sehingga proses pencetakan menjadi tersendat akibat pengiriman tinta dari tong tinta ke cartridge tidak lancar.

  1. Cek installasi selang infus mulai dari tong tinta di bagian luar printer hingga ke cartridge, apakah semuanya tertutup rapat ataukah ada cela yang membuat udarah bisa masuk. Apabila ada celah, sebaiknya segera menutup celah tersebut dengan benar. Daerah yang sering bercelah (bocor) adlah daerah sekitar cartridge. Diantara selang dan cartridge biasanya di pasang semacam karet, Kadangkala karet tersebut terlepas dan jatuh ke dalam cartridge sehingga kondisi selang tidak terikat keras antara ujung selang dengan cartridge.
  2. Cek Penutup Tong Tinta. Ada dua bentuk penutup tong tinta, yaitu yang besar dan yang kecil, yang besar biasanya digunakan untuk mengisi tinta kalau tinta sudah habis, sedangkan penutup yang kecil biasanya digunakan untuk mengontrol pemakaian printer. Untuk menjaga agar tinta yang ada di dalam selang infus tidak kemasukan udarah, tutuplah penutup kecil ini apabila printer sedang tidak digunakan, dan bukalah penutup kecil ini apabila printer sedang digunakan untuk mencetak.
  3. Isilah tinta tepat waktu. Maksud tepat waktu di sini adalah, mengisi tinta selagi tinta masih ada (tidak kosong) dalam tong, jangan mengisi tinta saat tinta yang berada dalam tong tinta sudah benar-benar habis, hal ini memicu masuknya udarah ke dalam selang infus.
  4. Lakukan Deep Clean untuk mengisi tinta dalam cartridge, sekaligus menghilangkan udarah dalam selang infus. Lakukan langkah ini hingga selang infus benar-benar sudah terisi tinta dan tidak ada lagi udarah didalammnya. Berhati-hatilah melakukan tindakan Deep Cleaning karena apabila melakukan berlebihan maka menyebabkan melubernya tinta keluar dari cartridge sehingga menyebabkan hubungan pendek yang berakibat merusak cartridge.

Demikian solusi mengatasi tinta infus printer tidak jalan, semoga dengan adanya artikel ini, bisa membantu pengunjung blog Printer Murah, yang mengalami masalah pada tinta infus printernya. Selamat mencoba

4 komentar:

  1. Agak sedikit ribet ya pake tinta infus..
    ane jadi agak takut... kalo ga ngerti banget takutnya malah ngerusak printer :(

    BalasHapus
  2. masalah printer infus emang sukanya gini, tintanya suka ga naik ke selang. bikin ribet klo lagi dibutuhin buru2

    BalasHapus
  3. wah mantap gan, blognya....
    siiiip
    mampir2 k coretan Q juga ya gan,...

    BalasHapus
  4. siip,,,ilmu baru,,,emang g jalan tu selang tinta gue,,,abis aq pasang infus aja g beres pemasanganya,,,dibagian ketrid warna kok ada lubang kecil,,,g tau buat apaan,,,apa sengaja di lobangin buat angin atau mereka tadinya salah bikin lubang tp lupa gak ditutup,atau emang aturanya gitu,,efeknya tinta warna kuning gue sering keluar,,,dari situ n sekarang tinta di selang gak mau ngalir,,,,,,

    BalasHapus

 

PRINTER Murah © 2012 | Designed by Cheap Hair Accessories

Thanks to: Sovast Extensions Wholesale, Sovast Accessories Wholesale and Sovast Hair

Cuteki sayings of birthday